'/> Penggolongan Jenis Binatang Menurut Kawasan Hidupnya -->

Info Populer 2022

Penggolongan Jenis Binatang Menurut Kawasan Hidupnya

Penggolongan Jenis Binatang Menurut Kawasan Hidupnya
Penggolongan Jenis Binatang Menurut Kawasan Hidupnya
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Materi IPA : Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya beserta Contohnya. Baiklah mari kita bahas setidak ada yang kurangnya.

Penggolongkan hewan dan makhluk hidup atau hewan menurut tempat hidupnya dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :

1. Hewan yang hidup di darat

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Materi IPA  Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Hewan yang hidup di darat biasa disebut hewan dan makhluk hidup darat. Hewan darat banyak sekali jenis atau macam-macamnya. Mereka ada yang hidup secara sendiri, ada pula yang hidup berkelompok atau berkoloni. Adapun jenis hewan dan makhluk hidup tersebut antara lain :

- Hewan yang hidup di lingkungan sekitar kita

Kita niscaya sudah diajarkan oleh orang renta kita wacana nama-nama hewan dan makhluk hidup di sekitar kita semenjak kita kecil, seperti, kucing, bebek, kupu-kupu, sapi, ayam, burung dan lainnya. Hewan-binatang dan makhluk hidup tersebut ada yang dipelihara dan ada juga yang tidak dipelihara. Hewan yang dipelihara biasanya untuk suatu keperluan, misal untuk dibudidayakan (diternak) menyerupai ayam, sapi, kambing, untuk hewan dan makhluk hidup peliharaan, menyerupai kucing, anjing, dll. Selain itu ada juga jenis hewan dan makhluk hidup yang liar yang ada disekitar kita, misalnya tikus, kecoa, cicak, dan sebagainya.

- Hewan yang hidup didalam hutan

Hewan yang hidup di hutan biasanya merupakan hewan dan makhluk hidup liar atau buas. Hutan merupakan tempat tinggal atau habitat dari aneka macam jenis hewan dan makhluk hidup, ada hewan dan makhluk hidup yang buas dan lemah, ada hewan dan makhluk hidup pemakan rumput dan hewan dan makhluk hidup predator, ada yang hewan dan makhluk hidup yang jumlahnya sangat banyak ada pula yang hewan dan makhluk hidup yang hampir punah. Contoh hewan dan makhluk hidup yang tinggal didalam hutan yaitu harimau, singa, gajah, kijang dan macan serta ada juga serangga dan burung.

-Hewan yang hidup didalam tanah

Selain hidup di permukaan tanah, banyak pula hewan dan makhluk hidup yang hidup didalam tanah. Mereka hanya sesekali saja keluar tanah untuk mencari makan. Adapun jenis hewan dan makhluk hidup yang hidup didalam tanah yaitu cacing, rayap, tiruant, dan aneka macam jenis serangga lainnya.

2. Hewan yang hidup di air

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Materi IPA  Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya


Hewan yang hidup di air biasa disebut  hewan dan makhluk hidup air. Banyak dari hewan dan makhluk hidup air yang sanggup dimakan atau dikonsumsi antara lain : ikan, udang, cumi-cumi. Hewan air sanggup dibagi menjadi 3 macam yaitu hewan dan makhluk hidup air tawar, hewan dan makhluk hidup air payau, dan hewan dan makhluk hidup air laut.

- Hewan Air tawar

Air tawar terdapat di peraiaran yang terletak di wilayah darat, menyerupai sungai, waduk, dan danau. Hewan yang hidup di air tawar bisa dijadikan sebagai hiasan dan untuk dimakan. Misalnya ikan gurame, ikan mas, ikan nila, ikan lele, ikan gabus, dan udang.

- Hewan Air Payau

Air payau yaitu perairan adonan antara air tawar dan air laut. Jika kadar garam yang dikandung dalam satu liter air yaitu antara 0,5 hingga 30 gram, maka air ini disebut air payau. Namun jikalau ludang kecepeh, disebut air asin. Di tempat pesisir pantai banyak dibentuk tambak untuk membudidayakan aneka macam jenis hewan dan makhluk hidup yang hidup di air payau. Contohnya yaitu adalah kerang, kepiting bakau, udang dan ikan bandeng. Semua jenis hewan dan makhluk hidup tersebut sanggup dikonsumsi oleh manusia.

- Hewan Air Laut

Air di maritim banyak mengandung garam, sehingga rasanya asin. Karena maritim mempunyai area yang luas, maka hewan dan makhluk hidup air maritim jumlah dan jenisnya ludang kecepeh banyak dari hewan dan makhluk hidup air tawar. Hewan maritim juga banyak dikonsumsi insan menyerupai bawal, udang, kerang, tuna. Hewan maritim mempunyai ukuran yang bervariassi, ada hewan dan makhluk hidup yang kecil, menyerupai ikan-ikan kecil yang hidup di sekitar terumbu karang, ada juga hewan dan makhluk hidup yang sangat besar menyerupai paus. Ukuran paus 25 kali dari ukuran gajah. Contoh hewan dan makhluk hidup air maritim antara lain gurita, cumi-cumi, bintang laut, ikan pari, ikan hiu, ikan badut, dan lain sebagainya.

3. Hewan yang hidup di darat dan air (amfibi)

Selain hewan dan makhluk hidup darat, dan hewan dan makhluk hidup air, ada juga hewan dan makhluk hidup yang hidup di darat dan di air. Hewan ini biasa disebut dengan hewan dan makhluk hidup amfibi. Contoh binatang dan makhluk hidup amfibi yaitu salamander, buaya, sesilia, kodok dan katak. 

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Materi IPA  Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Katak memulai hidupnya di air. Setelah dewasa, katak mengalami perubahan. Katak cukup umur hidup di darat dan di air.

Demikian Materi IPA : Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya beserta Contohnya. Semoga memberi manfaat.
Advertisement

Iklan Sidebar