'/> Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh) -->

Info Populer 2022

Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh)

Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh)
Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh)
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal Sinopsis meliputi Pengertian Sinopsi; Ciri-ciri dan Fungsi Sinopsis; Cara menciptakan Sinopsis; serta Contoh Sinopsis Novel, Film, dan Drama. Mari kita bahas sekomplitnya..

A. Pengertian Sinopsis

Sinopsis yaitu ringkasan dongeng dari sebuah novel atau naskah yang ada pada film, drama atau teater panggung. Biasanya, sinopsis ini hanya menjelaskan citra isi secara garis besarnya saja. 

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh)

B. Ciri-Ciri Sinopsis
  1. Alur atau jalan dongeng yang disusun ludang keringh berurutan atau bedasarkan kronologis. Plot atau alur yang dipakai pada sinopsis harus sama dengan dongeng aslinya.
  2. Bahasa yang dipakai yaitu bahasa yang persuasif (berupa undangan atau bujukan biar sang pembaca sanggup tertarik untuk membaca dongeng aslinya).
  3. Didalamnya diberisi undangan maupun motivasi untuk tiruana pembaca. Selain itu juga sinopsi akan pertanda beberapa kekurangan atau keludang keringhan yang ada pada naskah tersebut.
  4. Menampilkan konflik dengan singkat tetapi menarik.
  5. Membuat pembaca menjadi ludang keringh ingin tau dan tertarik.
C. Fungsi Sinopsis

Fungsi Sinopsis antara lain :

1. Memdiberikan sebuah citra ringkas dan singkat perihal isi dongeng atau naskah
2. Memdiberikan citra yang terperinci secara sederhana mengenai urutan atau kronologi ceritanya
3. Sebagai prolog atau penutup dari suatu naskah yang akan dipentaskan
4. Sebagai draft pedoman bagi pemain atau pemain film untuk melaksanakan improvisasi  

D. Cara Membuat Sinopsis 

Langkah-langkah menciptakan sinopsis :

1. Membaca naskah orisinil terludang keringh lampau untuk mengetahui kesan penulis secara umum.
2. Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan - gagasan yang penting.
3. Menulis ringkasan menurut gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke dua. Gunakan kalimat yang padat, akibattif, dan menarik untuk merangkai jalan dongeng menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
4. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.
5. Sinopsis dihentikan menyimpang dari jalan dongeng dan isi dari keseluruhannya.

E. Contoh Sinopsis

1. Contoh Sinopsis Novel 

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh)

Judul : Lima Sekawan - Rahasia Harta Karun
Karya Enid Blyton
 
Pada suatu hari Anne (adik Julian) dan George (saudara Julian) menerima surat dari Julian. Mereka berdua sangat senang sekali dan dengan cepat mereka membaca surat itu. Ternyata isi surat itu diberisi liburan yang akan didapat Julian dan Dick selama beberapa hari bertepatan dengan final pekan yang panjang pada pertengahan semester. Anne dan George pun segera menyiapkan seluruh bekal untuk perjalanan mereka selama 5 hari.Hari keberangkatan tiba. Julian dan Dick serta Anne, George, dan Timmy (anjing) berangkat namun dengan arah yang berbeda. Mereka berjanji untuk bertemu di sebuah kedai minuman. Setelah tiruananya berkumpul, mereka memesan sandwich sebanyak 64 sandwich untuk bekal mereka. Pemilik took juga mengingatkan untuk berkati-hati alasannya yaitu di sini banyak penjara. 
Mereka berlima berangkat. Mereka risikonya hingga di Bukit Kelinci. Disana banyak sekali kelinci. Begitu pula di Hutan Arnab. Timmy segera mengejar kelinci-kelinci itu. Namun sayang ia terjebak di liang kelinci. Anne berusaha mengeluarkan Timmy. Setelah 30 menit, Timmy bias dikeluarkan. Merekapun diberistirahat dan menyantap masakan yang mereka bawa.

Setelah selesai mereka berangkat untuk melanjutkan ke Telaga Biru. Namun di tengah jalan kaki Timmy terkilir akhir insiden tadi. Julian dan George memutuskan ke Wisma Spiggi untuk mengobati kaki Timmy. Sedangkan Anne dan Dick melanjutkan ke penginapan.

Anne dan Dick berangkat. Hari mulai gelap dan hujan. Mereka hampir saja tersesat namun risikonya mereka menemukan sebuah rumah. Anne pun tinggal di rumah itu, namun Dick harus tinggal di lumbung alasannya yaitu pemiliknya tidak mengijinkandua orang tinggal. Saat ia tidur di lumbung, ada orang gila dan misterius yang memanggil nama Dick. Dick menghampirinya di balik jendela dengan menyembunyikan diri. Orang itu memdiberi pesan aneh. Dick galau dan tertidur kembali. Sesaat kemudian ada oarng yang misterius dating ke dalam lumbung. Sepertinya orang itu sedang menunggu sesuatu.Dick pun semakin menyembunyikan dirinya. Saat pagi tiba, orang itu sudah tidak ada.

Dick segera kembali ke rumah itu, namun anak pemilik rumah (Dirty Dick) segera mengusirnya. Dick lari dan bersembunyi. Ia mencari cara untuk menyelamatkan Anne yang berada di loteng rumah itu. Mereka pun berhasil pergi dari rumah itu. Dick dan Anne bertanya kepada orang yang berpapasan di tengah jalan. Ternyata rumahitu bukan penginapan Telaga Biru. Mereka segera pergi ke Tiga Gembala.

Sesampai disana mereka bertemu dengan Julian, George, dan Timmy. Mereka berlima sarapan dan menceritakan pengalaman mereka masing-masing. Mereka menebak orang yang memdiberi pesan kepada Dick yaitu narapidana yang kabur, alasannya yaitu semalam ada narapidana yang melarikan diri. Mereka berencana untuk melapor ke kantor polisi di desa Reebles. Saat mereka melapor ke sana, polisi disana tidak percaya mengenai laporan mereka dan menyampaikan bahwa napi itu sudah di tangkap. Mereka pun bertemu Meg (anak perempuan) dan gotong royong pergi ke rumah nenek Meg untuk makan. Setelah itu mereka bertanya perihal kawasan Dua Puhon. Nenek pun menjelaskan perihal kawasan itu. Mereka mencoba ke sana dan bertanya ke kantor pos sambil menyewa selimut.

Mereka pergi ke sana dan menginap di sebuah kamar bawah tanah dari rumah yang telah terbakar. Saat pagi mereka kembali berdiskusi mengenai duduk masalah pesan itu. Mereka hampir memecahkan pesan itu dan memutuskan untuk mencari Saucy Jane (kapal) yang diperkirakan didalamnya terdapat harta.

Tanpa disangka Maggi dan Dirty Dick dating dan mereka sempat langgar mulut, namun Lima Sekawan berpura-pura sedang melancong. Lima Sekawan memutuskan naik rakit untuk mencari harta itu dan sehabis berusaha keras mereka menemukannya. Namun Maggi dan Dirty Dick juga pergi ke danau itu dan mereka langgar lisan lagi. Akhirnya Maggi dan Dirty Dick pergi. Lima Sekawan juga memutuskan untuk mengambil harta itu pada malam hari saja.

Pada waktu malam hari mereka berhasil mengambil harta itu dan mereka menunggu pagi untuk menyerahkan harta itu ke kantor polisi namun bukan kantor polisi di desa Reebles.

Saat matahari muncul meeka segera pergi. Namun mereka diketahui Maggi dan Dirty Dick bahwa mereka telah mengambil harta itu. Dirty Dick segera mengejarnya, tetapi kaki Dirty Dick terjebak di Lumpur. Begitu pula dengan Maggi. Setelah Lima Sekawan hingga di kantor polisi, mereka menceritakan tiruananya dan para polisi segera menangkap Dirty Dick serta Maggi. Harta itu pun segera di kembalikan kepada pemiliknya yaitu Ratu Fallensia.

2. Contoh Sinopsis Film

"3 Idiots"

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Sinopsis (Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contoh)
Image Source
3 idiots menceritakan sebuah kisah persahabatan 3 orang mahasiswa teknik mesin di India yang memulai jenjang kuliahnya di universitas nomor 1 di negerinya. dikisahkan 3 orang ini berjulukan Rancho, Farhan, dan Raju. Mereka yaitu sobat satu kamar di asramanya semenjak hari pertama menjejakkan kaki di universitas tersebut.Farhan dan Raju yaitu mahasiswa biasa yang penilaiannya pun pas-pasan. Sedangkan dikisahkan seorang Rancho yaitu seorang mahasiswa yang jenius dan selalu mengaplikasikan ilmu yang telah ia sanggup sebelum maupun ketika ia pelajari sewaktu kuliahnya.

Mereka menjalani hidup sebagai mahasiswa dan mempunyai ikatan persahabatan yang kuat, hingga risikonya dalam sebuah perjalannya mereka bertemu dengan Pia. Pia, yaitu seorang mahasiswi kedokteran yang selidik punya selidik yaitu anak dari rektor universitas ketiga sahabat ini. Sejak awal, sang rektor, yang menerima julukan “Virus” dari mahasiswanya merupakan dosen yang sangat kaku, kejam, intolerir, namun pandai. Dalam sebuah kesempatan, Rancho, mengkritik sistem pengajaran yang dilakukan di dalam kampusnya. Mr. Viru tidak terima dengan kritikan Rancho, dan semenjak ketika itu, sang rektor yang bergelar “Virus” menjadi tugas antagonis dalam film ini.

Sebuah kritik yang dilontarkan Rancho yaitu bahwa universitas ICE (Imperial College Engineering) yang ia dan mitra - kawannya dialami hanya menghasilkan insinyur - insinyur yang hanya akil bicara, tidak ada topik mengenai inovasi gres tiap harinya, tidak ada inovasi gres yang dihasilkannya tiap tahun, dan metode pengajaran yang mengarahkan mahasiswanya untuk mendapatkan evaluasi sangat bagus, namun belum tentu sanggup mengaplikasinya ilmunya tersebut. Bahkan hanya menghasilkan lulusan yang nantinya bekerja pada perusahaan asing, dengan honor besar, namun tidak memajukan bangsanya sendiri.  

Universitas bukan mengajarkan ilmu yang aplikatif namun mengajarkan bagaimana mendapatkan evaluasi yang bagus. Rancho selalu berkata pada 2 sahabatnya, Farhan dan Raju untuk selalu menjadi diri sendiri, tidak atas dasar paksaan dari orang lain. alasannya yaitu kebahagian tiba ketika kita menikmati setiap langkah yang kita ambil, kemudian kesuksesan akan menjadi ekses dari langkah kita tersebut. Dalam mengkritik sistem yang kaku di tempat ia kuliah, Rancho, Farhan, dan Raju mengalami aneka macam asam manisnya kehidupan menjadi mahasiswa. Tawa dan tangis selalu mereka lewati bersama, hingga risikonya diceitakan mereka pun lulus kuliah dengan Rancho sebagai mahasiswa terbaik di kampus tersebut. Farhan risikonya menjadi seorang fotografer profesional, meninggalkan dunia teknik, Raju menjadi salah satu eksekutif perusahaan asing di India,dan satu lagi kawannya berjulukan Chatur yang sebelumnya tidak disebutkan (dia yaitu tentangan Rancho untuk mencapai peringkat mahasiswa terbaik di ICE) menjadi seorang pengusaha sukses yang punya kendaraan beroda empat Lamborghini.

Namun, selepas mereka lulus kuliah, Farhan, Raju, dan Pia tidak pernah mendengar kabar mengenai Rancho. Diceritakan di masa depan, risikonya Farhan, Raju, Pia, dan ditemani Chatur mencari kabar Rancho hingga melintasi dataran India. Mereka risikonya tiba di sebuah rumah mewah, menyerupai istana, dan mereka menemukan Rancho. Tapi, ketika bertemu, itu bukan Rancho yang mereka kenal ketika mereka kuliah dulu. Rancho berubah dan ternyata bukan Ranco yang mereka kenal, melainkan Rancho orisinil dan Rancho yang mereka kenal ternyata tidak berada disini, dan ternyata mitra mereka hanyalah anak dari seorang pembantu yang hanya butuh belajar, namun tak butuh ijazah, sehabis mereka berbicara dengan Rancho yang orisinil ternyata mitra mereka ini berada di luar negeri. dan stelah mereka mencari dan risikonya bertemu dan Chatur tertawa ketika melihat rancho hanya menjadi guru biasa saja, namun pada ketika ia tertawa terbahak – bahak ia kaget ketika mendapatkan telpon dari bos besarnya dan ternyata bos besarnya yaitu Phungshuk Wangdu yang mereka kenal sebagai Rancho Chanchad.  

3. Contoh Sinopsis Drama

"Remaja Sesal"

Pagi itu sebelum berangkat ke kampus, Yulia menemui kakeknya yang sedang duduk santai sambil membaca koran. Yulia mencoba merayu kakeknya biar hari ulang tahunnya sabtu ini dirayakan, dan ia pun berhasil. Kakek mengijinkan perayaan hari ulang tahun Yulia itu namun Diah, sepupu Yulia tidak menyetujui hal itu alasannya yaitu ia merasa iri dengan Yulia.

Hari ulang tahun Yulia pun tiba, tiruana orang sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Tamu-tamu mulai berdatangan dan Yulia tampak anggun dengan gaunnya. Pestanya pun meriah. Namun tiba-tiba terdengar bunyi gaduh dan suasana menjadi hening. Semua mata yertuju pada kakek yulia yang menggelepar-gelepar dilantai. Cairan putih pun keluar dari mulutnya. Melihat hal itu Yulia pribadi berteriak sambil berlari mendekati kakeknya. Tak sepatah kata pun sempat keluar dari lisan kakeknya, alasannya yaitu detak jantungnya telah berhenti.

Detektif Patricia dan kapten yang kebetulan muncul di pesta itu segera mengamankan lokasi dan mengusut masalah tersebut. Karena insting dan kecerdasan detektif patricia, pelaku pembunuhan Kakek Yulia pun terungtkap.

Pelaku pembunuhan itu tidak lainadalah Wulan, abang yulia. Yang juga yaitu cucu kakek itu sendiri. Konon alasan wulan membunuh kakek yaitu alasannya yaitu wulan tidak sengaja telah menemukan buku harian ayahnya. Disana tetulis bahwa kakaknya telah merebut harta kekayaan yang seharysnya dimiliki keluarga wulan. Bahkan bi’Inah pembantu keluarga sasto itu sesungguhnya yaitu adaik kandung wulan yang tidak diakui keberadaannya alasannya yaitu cacat dikakinya. Namun yang ada dipikiran wulan itu salah. Sebelum program ulang tahun itu kakeknya telah merubah surat amanatnya. Disana tertulis bahwa seluruh harta kekayaan keluarga sastro akan jatuh ketangan Bi Inah sebagai pewaris tunggal. Sedangakn yang lainnya hanya mendapatkan rumah dan mobil.

Setelah mengetahui hal itu Wulan pun sangat menyesal atas perbuatannya. Namun apalah yang sanggup ia lakukan , Ia hanya sanggup menangis dan meyesali segala perbuatannya itu dalam Penjara.
Referensi :
harus di isi/search?q=apa-fungsi-sinopsis-fungsi-sinopsis
http://sehatisme.com/pengertian-sinopsis-beserta-cara-membuatnya/
harus di isi/search?q=apa-fungsi-sinopsis-fungsi-sinopsis 
harus di isi/search?q=apa-fungsi-sinopsis-fungsi-sinopsis
https://id.crowdvoice.com/posts/sinopsis-film-3-idiot-2dcR
harus di isi/search?q=apa-fungsi-sinopsis-fungsi-sinopsis

Demikian artikel perihal Sinopsis meliputi Pengertian Sinopsi; Ciri-ciri dan Fungsi Sinopsis; Cara menciptakan Sinopsis; serta Contoh Sinopsis Novel, Film, dan Drama. Semoga berkhasiat...
Advertisement

Iklan Sidebar