'/> Peran Dan Kiprah Tekong Dalam Sepak Takraw -->

Info Populer 2022

Peran Dan Kiprah Tekong Dalam Sepak Takraw

Peran Dan Kiprah Tekong Dalam Sepak Takraw
Peran Dan Kiprah Tekong Dalam Sepak Takraw
Bagi sebagian orang, nama tekong mungkin terdengar absurd di telinga. Karena istilah tekong ini bukan berasal dari bahasa Indonesia, melainkan berasal dari negara orisinil sepak takraw. Dalam sebuah perrmainan sepak takraw akan terdiri dari 2 regu, dimana setiap regu terdiri dari 3 pemain, dan setiap regu/ tim memiliki 1 orang pemain cadangan. Satu pemain yang bangkit di posisi belakang disebut tekong yang berperan sebagai penyepak mula untuk memulai permainan (pelaku servis). Sedangkan 2 pemain yang berada di depan disebut apit kiri dan apit kanan.


Apa kiprah dan kiprah seorang tekong dalam sebuah permainan sepak takraw?

Tekong memiliki kiprah yang sangat penting dalam permainan olahraga sepak takraw, yaitu sebagai penendang atau pelaku bola servis. Meskipun fungsi utama melaksanakan servis ialah untuk memulai permainan, namun juga sanggup dimanfaatkan untuk melaksanakan serangan pertama. Makara seorang tekong juga dituntut untuk sanggup melaksanakan service dengan baik, yaitu bisa melewati net dan masuk ke dalam area permainan lawan dengan cepat, keras, dan terarah. Dengan servis yang dilakukan tekong keras dan terarah akan menyulitkan pihak lawan untuk membuatkan permainan atau serangannya.

Selain itu, posisi tekong yang berada di belakang pertahanan juga menuntut tekong untuk sanggup menjadi defender atau libero bagi sebuah tim sepak takraw. Oleh sebab itu seorang tekong juga harus menguasai dasar-dasar pertahanan yang bagus. Kemampuan bertahan dari tekong juga sangat besar lengan berkuasa bagi sebuah tim untuk meraih kemenangan.
Demikianlah klarifikasi singkat mengenai kiprah dan kiprah tekong dalam permainan sepak takraw. Semoga bisa bermanfaat


Advertisement

Iklan Sidebar