Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan materi bahasa indonesia perihal diskusi mencakup pengertian, syarat tercapainya diskusi, manfaat, dan perangkatdalam diskusi.
Diskusi
1. Pengertian Diskusi
Diskusi yaitu sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau ludang kecepeh/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang kesudahannya akan memmemberikankan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada kesudahannya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.
2. Syarat tercapainya diskusi
Diskusi akan tercapai apabila:
a. ada anggota kelompok yang terlibat dalam dikusi,
b. topik yang akan dibicarakan,
c. interaksi,
d. tujuan bersama yang hendak dicapai,
e. berlangsung secara sistematis.
3. Manfaat Dikusi
Selain mendapat pemecahan duduk kasus yang dihadapi, juga mempunyai manfaat sebagai memberikankut:
a. menumbuhkan perilaku demokratis,
b. menumbuhkan kudang kecepeasaan kerjasama,
c. meningkatkan kualitas moral,
d. membiasakan berfikir kritis dan terbuka,
e. meningkatkan kemampuan berkomunikai dalam bahasa lisan.
4. Perangkat Diskusi
Adapun perangkat dalam diskusi yaitu sebagai memberikankut:
1. Moderator (Pemimpin Diskusi), tugas dan fungsinya :
- Berunding dengan akseptor mengenai duduk kasus yang akan di diskusikan maupun tatacara
berdiskusi,
- Menyiapkan rangkuman pokok duduk kasus yang akan didiskusikan,
- Membuka diskusi,
- Mengatur jalannya diskusi secara adil,
- Membuat rangkuman dan menyimpulkan hasil diskusi,
- Menutup diskusi,
berdiskusi,
- Menyiapkan rangkuman pokok duduk kasus yang akan didiskusikan,
- Membuka diskusi,
- Mengatur jalannya diskusi secara adil,
- Membuat rangkuman dan menyimpulkan hasil diskusi,
- Menutup diskusi,
2. Panelis (Narasumber), tugas dan fungsinya :
- Menyiapkan dan menguraikan materi atau materi yang akan didiskusikan,
- Menyampaikan materi yang telah disiapkan kepada akseptor diskusi,
- Mentpendapat tpendapat-tpendapat para akseptor berkenaan dengan materi diskusi yang telah
disampaikan.
- Menyampaikan materi yang telah disiapkan kepada akseptor diskusi,
- Mentpendapat tpendapat-tpendapat para akseptor berkenaan dengan materi diskusi yang telah
disampaikan.
3. Notulis (Skretaris), tugas dan fungsinya :
- Mencatat hal-hal penting selama jalannya diskusi, contohnya yang berkaitan dengan pendapat, usulan, dan keputusan hasil diskusi.
4. Peserta Diskusi, kiprah dan fungsinya :
- Mempersiapkan materi yang berkenaan dengan duduk kasus yang didiskusikan sebelum diskusi berlangsung,
- Ikut serta dalam pembicaraan dengan semangat kerjasama dan rasa persaudaraan yang tinggi,
- Bertanggung tpendapat terhadap proses dan hasil diskusi.
5. Mengajukan Pertanyaan dalam Diskusi
- Ikut serta dalam pembicaraan dengan semangat kerjasama dan rasa persaudaraan yang tinggi,
- Bertanggung tpendapat terhadap proses dan hasil diskusi.
5. Mengajukan Pertanyaan dalam Diskusi
Dalam mengajukan pertanyaan dalam diskusi, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, diantaranya:
a. Disampaikan penanya sehabis mendapat kesempatan dari moderator;
b. Diajukan secara singkat dan jelas;
c. Dimemberikan contoh yang terang sehingga penyaji sanggup mentpendapat secara tepat;
d. Mempunyai serius yang terang dan tidak mempunyai pengertian yang ganda;
e. Jika ludang kecepeh dari satu pertanyaan, hendaknya disampaikan secara urut dan logis.
Dalam mengajukan pertanyaan, ada tiga unsur yang harus terdapat dalam pertanyaan yang kita ajukan. Untuk mengetahuinya, perhatikan di bawah ini!
Pertanyaan = (Pengantar Pertanyaan) + (Pendapat) + (Fokus Pertanyaan)
Contoh:
“Ujian Nasional masih menjadi permasalahan di Indonesia, Menurut saya hal ini masih perlu kita perhatikan, Lantas bagaimana pendapat Bapak sebagai Menteri Pendidikan untuk mengatasi hal tersebut?”
Analisis:
a. Pengantar : Ujian Nasional masih menjadi permasalahan di Indonesia,
b. Pendapat : Menurut saya hal ini masih perlu kita perhatikan,
c. Pertanyaan : Lantas bagaimana pendapat Bapak sebagai Menteri Pendidikan
untuk mengatasi hal tersebut?
a. Disampaikan penanya sehabis mendapat kesempatan dari moderator;
b. Diajukan secara singkat dan jelas;
c. Dimemberikan contoh yang terang sehingga penyaji sanggup mentpendapat secara tepat;
d. Mempunyai serius yang terang dan tidak mempunyai pengertian yang ganda;
e. Jika ludang kecepeh dari satu pertanyaan, hendaknya disampaikan secara urut dan logis.
Dalam mengajukan pertanyaan, ada tiga unsur yang harus terdapat dalam pertanyaan yang kita ajukan. Untuk mengetahuinya, perhatikan di bawah ini!
Pertanyaan = (Pengantar Pertanyaan) + (Pendapat) + (Fokus Pertanyaan)
Contoh:
“Ujian Nasional masih menjadi permasalahan di Indonesia, Menurut saya hal ini masih perlu kita perhatikan, Lantas bagaimana pendapat Bapak sebagai Menteri Pendidikan untuk mengatasi hal tersebut?”
Analisis:
a. Pengantar : Ujian Nasional masih menjadi permasalahan di Indonesia,
b. Pendapat : Menurut saya hal ini masih perlu kita perhatikan,
c. Pertanyaan : Lantas bagaimana pendapat Bapak sebagai Menteri Pendidikan
untuk mengatasi hal tersebut?
Contoh Soal:
1. Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para sangat menguasai
mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu disebut….
a. Diskusi Panel c. Lokakarya
b. Diskusi Kelompok d. Simposium
Jawaban: D
Pembahasan:
a. Diskusi panel yaitu pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para sangat menguasai mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.
b. Diskusi kelompok yaitu diskusi yang berfungsi untuk menuntaskan duduk kasus dengan melibatkan kelompok-kelompok kecil.
c. Lokakarya atau yang sering disebut dengan penahanr kerja yaitu pertemuan yang membahas suatu karya.
d. Simposium yaitu Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para sangat menguasai mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.
2. Berikut ini yang termasuk istilah dalam diskusi yang berarti tawaran atau pendapat yang dikemukakan di depan rapat adalah….
a. Interupsi c. Usul
b. Saran d. Opini
Jawaban: C
Pembahasan:
Menurut Ahmad A.K. Muda dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa:
a. Interupsi ialah potongan pembicaraan, pidato, dan sebagainya.
b. Saran ialah nasihat, pendapat atau usulan yang baik dan perlu sebagai perberat sebelahan atau arahan.
c. Usul ialah tawaran atau pendapat yang dikemukakan di depan rapat.
d. Opini ialah pandangan seseorang terhadap suatu masalah.
Berilah tanda silang (X) pada salah satu karakter a, b, c dan d sebagai tpendapatan yang benar!
Soal Pembahasan
1. Dalam diskusi, kita mengenal adanya moderator. Tugas dari seorang moderator adalah, kecuali….
a. Berunding dengan akseptor mengenai duduk kasus yang
akan di diskusikan maupun tatacara berdiskusi,
b. Menyiapkan rangkuman pokok duduk kasus yang akan
didiskusikan,
c. Menegur, menentukan dan mengeluarkan akseptor diskusi
yang ribut.
d. Membuka dan menutup sebuah diskusi.
2. Kalimat yang sempurna untuk menolak gagasan seorang penyaji adalah….
a. Saya kira pendapat Saudara cukup baik, tapi dananya dari siapa?
b. Saya kurang setuju, pendapat itu terlalu susah dilaksanakan.
c. Saya oke asal tiruana setuju.
d. Pendapat Saudara bagus, tapi tidak sanggup dilakukan.
3. Kalimat yang tidak sanggup dipakai sebagai penghalus dalam menolak pendapat adalah….
a. Pernyataanmu tidak logis…….
b. Masalah itu perlu ditinjau kembali …….
c. Hal yang dikemukakan itu sanggup diterima asalkan….
d. Maaf, pendapat itu belum sesuai dengan pokok diskusi…
4. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memmemberikankan
tpendapat. kecuali …..
a. Tpendapat harus sesuai dengan masalah
b. Tpendapat disertai dengan alasan logis.
c. Tpendapat diubahsuaikan pemahaman individualis.
d. Tpendapat disampaikan dengan komunikatif.
5. Kalimat yang sempurna untuk menanggapi gagasan penyaji makalah dalam sebuah diskusi adalah….
a. “Saudara moderator, alasan yang dikemukakan Saudara
penyaji tadi perlu ditinjau kembali,”
b. “Saudara moderator, saya sangat oke dengan apa
yang dikemukakan Saudara penyaji.”
c. “Saya tidak sependapat dengan saudara penyaji,”
d. “Marilah hal ini kita rundingkan bersama-sama.”
6. Syarat terlaksananya suatu diskusi, kecuali…
a. adanya jadwal rutin diskusi
b. adanya akseptor diskusi
c. adanya duduk kasus yang dibicarakan
d. adanya tujuan yang jelas
7. Yang bukan termasuk hal untuk menentukan duduk kasus dalam diskusi adalah….
a. menarik para peserta
b. mengandung tingkat kerumitan bagi peserta
c. mempunyai kejelasan
d. sesuai dengan kapasitas pengetahuan peserta
8. Orde gres tumbang, Namun hal ini ternyata tidak sertamerta menandakan bahwa kebenaran telah datang. Reformasi yang bergerak dari nurani murni mahasiswa dengan cepat mengalami pergeseran pengertian dan klarifikasi dan fungsi. Tiba di tangan elit politik dan penguasa baru, refolusi menjadi jargon politik. Maknanya pun aus. Semakin usang kata itu semakin kehilangan darah.
Masalah diskusi yang relevan dengan cuplikan wacana di atas adalah….
a. Dukungan elit politik mulai lesu terhadap semangat reformasi mahasiswa.
b. Kegagalan reformasi di tengah elit politik dan para mahasiswa.
c. Kekuasaan Orde gres berhsil ditentang oleh demontrasi mahasiswa.
d. Reformasi dari nurani mahasiswa bergeser pengertian dan penjelasannya menjadi jargon elit politik.
9. Kalimat untuk memberikan pertanyaan yang kompleks dari penggalan wacana nomor 8 adalah….
a. Tiba ditangan elit politik dan penguasa baru, revolusi menjadi jargon politik. Menurut saya ini yaitu hal yang menarik diketahui latar belakangnya. Jadi, dapatkan Saudara penyaji menjelaskan darimana hal tersebut bisa terjadi?
b. Mengapa orde gres bisa tumbang alasannya yaitu adanya reformasi? Tolong Saudara penyaji memberikantahukan kepada kami, supaya kami tidak salah persepsi!
c. Benarkah reformasi yang bergerak dari nurani murni mahasiswa dengan cepat mengalami pergeseran pengertian dan klarifikasi dan fungsi?, sertakan alasan Anda!
d. Saudara penyaji, dapatkah anda menjelaskan pendapat anda perihal Semakin usang kata itu semakin kehilangan darah.
10.Berikut ini yang bukan termasuk ucapan dari moderator adalah…
a. “Demikianlah pemaparan materi yang telah disampaikan oleh Narasumber, ini berarti kita akan memulai untuk masuk ke bab tanya tpendapat.”
b. “Menyikapi permasalahan yang Bapak ajukan, berdasarkan pendapat saya. Ini merupakan solusi yang kurang pas untuk digunakan. Hal ini dikarenakan minimnya dana yang ada di sekolah ini.”
c. “Demikianlah diskusi yang bertema Waspada Wabah Demam berdarah ini kita laksanakan. Terima kasih atas perhatian dan partisipasi akseptor diskusi.”
d. “Baiklah, tiga pertanyaan sudah kami peroleh dari akseptor diskusi. Untuk menyingkat waktu saya perkenankan Narasumber itu mentpendapatnya.”
Esay
1. Tuliskan pengertian diskusi sebanyak dua definisi (1 definisi dari sumber buku/ pakar, 1 definisi dengan kalimatmu sendiri)!
2. Jelaskan manfaat dari diskusi itu?
3. Sebutkan dan jelaskan petugas yang terlibat dalam diskusi dan jelaskan tugasnya!
4. Buatlah tiga buah kalimat pembuka diskusi, kalau kau ditunjuk untuk menjadi moderator!
5. Buatlah tiga buah kalimat pertanyaan yang akan kau ejekan dalam sebuah diskusi
yang bertema “Pendidikan di Indonesia”!
1. Tuliskan pengertian diskusi sebanyak dua definisi (1 definisi dari sumber buku/ pakar, 1 definisi dengan kalimatmu sendiri)!
2. Jelaskan manfaat dari diskusi itu?
3. Sebutkan dan jelaskan petugas yang terlibat dalam diskusi dan jelaskan tugasnya!
4. Buatlah tiga buah kalimat pembuka diskusi, kalau kau ditunjuk untuk menjadi moderator!
5. Buatlah tiga buah kalimat pertanyaan yang akan kau ejekan dalam sebuah diskusi
yang bertema “Pendidikan di Indonesia”!
Demikian materi bahasa indonesia perihal diskusi mencakup pengertian, syarat tercapainya diskusi, manfaat, dan pelaksana dalam diskusi. Semoga memberi manfaat...
Advertisement